♛《SUMBER INFORMASI》♛

Jumat, 07 Januari 2022

TUGAS MAKALAH TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN COMPUTER

TUGAS MAKALAH

TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN COMPUTER



DISUSUN

 OLEH:

 

NAMA  :SIPRIANUS BERTIAN METE

NIM      :181201387

KELAS :TIG-4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI MANAJAEMEN TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI KOMPUTER (STIMIKOM)

STELLA MARIS SUMBA

2020



KATA PENGANTAR

 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha kuasa telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini.

Tujuan yang akan di dapat dari mata kuliah ini adalah untuk memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun sistem dan juga manusialah yang harus diperhatikan karena nantinya ialah yang akan menggunakan sistem yang dibangun itu.Makalah ini berisi untuk memenuhi tugas yang membahas tentang Interaksi Manusia dan Komputer”.

            Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan hal-hal lain sehingga makalah ini dirasa belum sempurna. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan menyusun. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan dan meningkatkan kualitas makalah ini.

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Kata Pengantar

Daftar Isi


BAB I    PENDAHULUAN

              1.1 Latar Belakang Masalah

              1.2 Perumusan Masalah

              1.3 Tujuan dan Manfaat

                     1.3.1 Tujuan

                     1.3.2 Manfaat

             

BAB II   LANDASAN TEORI

              2.1 Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

              2.2 Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

              2.3 Hubungan Timbal Balik Manusia dan Komputer

              2.4 Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer

              2.5 Prinsip Usability

              2.6 Dialog Manusia dan Komputer

 

BAB III  KESIMPULAN DAN SARAN

              3.1 Kesimpulan

              3.2 Saran

 DAFTAR PUSTAKA

 


 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

1.1         Latar Belakang Masalah

 

Pada zaman ini komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang  yang manusia kerjakan saat ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara manusia dan komputer bisa terjalin dengan baik, menusia dapat memafaatkan komputer dengan bijaksana dan komputer dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya. Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat ke berbagai penjuru kehidupan seperti: pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem  rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai  kecocokkan dengan  kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi  kepada pemakai. Pada awal tahun 70- an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi  Manusia-Mesin.

Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan (input), yang berupa nouse ataupun keyboard. dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut harddisk atau flashdisk.

IMK (Interaksi Manusia Komputer) adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Interaksi manusia komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna.

 

 

1.2         Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada, antara lain :

1         Pengertian interaksi manusia dan komputer

2         Fungsi interaksi manusia dan komputer

3         Hubungan timbal balik antara komputer dan user

4         Prinsip usability

5         Dialog manusia-komputer

 

 

1.3         Tujuan dan Manfaat

1.3.1          Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca antara lain tentang :

1.    Memahami hubungan interaksi manusia dan komputer

2.    Dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer

3.    Dapat memahami interaksi antara manusia dan komputer dengan baik

 

 

 

1.3.2          Manfaat

                          Adapun manfaat penulisan makalah tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

1.    Mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer

2.   Mengetahui dan memahami prinsip usability dalam interaksi manusia dan komputer

3.   Mengetahui dan memahami fungsi interaksi manusia dan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

 

 

2.1         Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

 

Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentangbagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputeryang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksiadalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksimenjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan danrespon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, makainteraksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

IMK adalah bagian disiplin ilmu komputer. Ilmu komputer meliputi teori,metode dan latihan pemrosesan. Pusat perhatiannya pada pembentukan danpemrograman komputer, dan mempertimbangkan bahasa untuk menulis program,mesin dimana program dapat dijalankan, sifat-sifat terstruktur dari program,arsitektur dari perancangan program dan masih banyak lainnya. IMK melibatkansemua pokok dalam ilmu komputer. IMK menimbulkan perhatian khusus untuk ilmu komputer seperti misalnya interface pemakai harus diprogram untk mengantisipasi macam-macam masukan yang berbeda dan menghasilkan keluaranyang canggih sehingga perlu ada perancangan bahasa dimana pemakai dapatmengkontrol dan menggunakan sisa program. Banyak hal yang muncul dalammasalah IMK seperti kebutuhan waktu respon yang cepat, bentuk lanjutan dalamtampilan grafik, penggunaan logika dan matematika untuk mengelompokkaninteraksi pemakai yang rumit, dan pembentukan lingkungan pemrograman yangbaru agar interface pemakai dapat dibentuk lebih mudah.

Perancangan interface pemakai harus merupakan bagian dari perancangansistem, yang pada akhir proses harus dapat dimengerti dan kemungkinan untuk diubah sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam. Ini melibatkan teknik pembentukan dan metode dari teknik software yang dapat mengakomodasikandan membuktikan perancangan interface pemakai. Perancangan lebih tentangpengidentifikasian permintaan dan memastikan bahwa kebutuhan permintaan tersebut terpenuhi. Konsekuensinya IMK harus mengidentifikasikan kebutuhankhusus dan ekstra untuk sistem yang inteaktif dan harus memastikan ada carayang sesuai dan masuk akal dalam mengetahui bahwa kebutuhan perancangan sesuai dengan permintaan.

Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.Pada HCI ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokuspada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yangberhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudianberkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmuinterdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputerbeserta efek-efek yang terjadi diantaranya.

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanyapada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanyasaja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistemrancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangansistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalampemakaian, mudah untuk dipelajari.

.

 

2.2         Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

 

Tujuan dari Interaksi Manusia dan Komputer adalah untuk menghasilkansistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapatberfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability),efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksudkonteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi jugamencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasimasyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepadafungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas danefesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yangdibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individuataupun kelompok.

Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertamakali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebihdahulu dengan seperangkat alat seperti keyboard, monitor, mouse, dan lain-lain.

Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilanmenu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harusdiketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan,perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface(antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatapmuka dengan pemakai.

 

 

2.3         Hubungan Timbal Balik Antara Manusia Dengan Komputer

 

Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :

 

1.    Pengguna (manusia)

Manusia menerima dan memproses perintah kedalam komputer. Pengguna secara individu atau sekelompok dimana masing-masing berhubungan dengan bagian dari suatu pekerjaan atau proses.

 

2.    Sistem (mesin)

Komputer : teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan output yang telah diproses.

 

3.    Interaksi

Pengaruh akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang dari dua sudut, yaitu sudut Kemanusiaan dan Sudut sosial.

 

 

2.4         Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer

 

Sejarah interaksi manusia dan komputer dimulai pada tahun 1700-an dan 1800-an. Akan tetapi barumenjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut perkembangan sejarah interaksi manusia dan komputer:

 

1.      Tahun 1950-an

Di tahun ini antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex.switch panel). Ditahun ini,mesin sangat sulit digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat mahal dan besar.

 

2.      Tahun 1960-1970-an

Di tahun ini antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL,FORTRAN) dengan perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan,dll) dan mempengaruhi perancangan sistem.

 

3.      Tahun 1970-1990-an

Ditahun ini mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pada level intruksi para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberikan kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.

 

4.      Tahun 1980-an

Ditahun ini diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI,Multimedia)

 

5.      Tahun 1990-an

Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network,Groupware)

 

6.      Tahun 2000-an

Antarmuka berkembang dengan luas (ex.mobile device,interactive screen).

 

 

2.5         Prinsip Usability

 

Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web.Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan.

 

 

 

2.6         Dialog Manusia Komputer

 

Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

Dalam konteks perancangan antarmuka pengguna Dialog adalah struktur dari percakapan antara pengguna dengan sistem komputer. Ragam dialog dalam interaksi manusia dan komputer adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan selama ini. Tiga tingkatan bahasa komputer dalam suatu dialog :

 

1.   Tingkat paling rendah icon pada layar bahasa manusia ekivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata

2.    Urutan dan struktur dari input dan output bahasa manusia ekivalen dengan grammar suatu kalimat

3.     Percakapan yang berkaitan degan pengaruh pada struktur data internal komputer dan dunia eksternal bahasa manusia ekivalen dengan arti yang berasal dari lapisan dalam suatu percakapan


 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

 

 

3.1         Kesimpulan

 

Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

 

 

3.2         Saran

 

Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.

Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi

 

DAFTAR PUSTAKA

SIPRIANUS B. METE 2020 sistem belajar dan mendukung belajar mulai dari praktek sampai teori

Menggunakan teknologi canggih speaking English Computers Modern

Tampa copy dan mengambil dari segala jurnal atau majalah

Blogspot: http://siprianusbertianmete.blogspot.com

Facebook TianMete and youtube TianMete

Stimikom stellamaris sumba
Share:
Location: Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim., Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Posts Per Page

20
Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

About Me

Featured Post

Rumah Adat wainyapu terbakar

Rumah Adat Wainyapu Terbakar Musibah terjadi lagi di kodi balagar kecamatan kodi balagar desa wainyapu Rumah Adat Wainyapu terbakar tengah p...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Archive

Social

Gadgets

Technology

Business

About Us

Photography

Sports

Text Widget