♛《SUMBER INFORMASI》♛

Jumat, 07 Januari 2022

MAKALAH JARINGAN KOMPUTER

 

MAKALAH JARINGAN KOMPUTER



DI
S
U
S
U
N

SIPRIANUS BERTIAN METE



PROGRAM STUDI MANAJAEMEN INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI KOMPUTER (STIMIKOM)

STELLA MARIS SUMBA

2020



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan penyusunan Makalah tentang Jaringan sebagai Tugas Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Makalah ini disusun dengan materi yang diambil dari sumber yang relevan. Dengan makalah ini diharapkan akan dapat membantu untuk memberikan informasi mengenai Jaringan Komputer.

Sudah tentu kekurangan pun akan terdapat di dalam makalah ini, oleh karena itu saran, kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat saya harapkan.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada Guru yang telah memberikan kesempatan untuk saya dalam menyelesaikan tugas ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ......................................................................................................... I

DAFTAR ISI ........................................................................................................................ II

A. Rumusan Masalah............................................................................................................. 1

B. Tujuan dan manfaat ......................................................................................................... 1

C. Tujuan Dan Manfaat ........................................................................................................ 1

BAB II DASAR TEORI

A. Pengertian Internet  ......................................................................................................... 2

B. Layanan Internet .............................................................................................................. 2

BAB III PEMBAHASAN

A. Pengertian FTP ................................................................................................................ 3

B.  Pengertian Gateway 4

C. Pengertian Host  5

D. Pengertian dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) 6

E. Login ………………………………………………………….………...……. 7

F. Offline …………………………………………………….………………….. 8

G. Plugin ………………………………………………….…………………….. 8

H. POP ( Post Office Protocol ) ……………………….……………….……….. 8
I. Spam ………………………………………….………………………..…….. 9

J. Voice-mail ……………………………………….…………….…………….. 9

A. Kesimpulan ………………………………………………………………… 12

B. Saran ………………………………………………………………..………. 12

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….……. 13

 

 

 

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Didalam era abad 21 ini rasanya tidaklah mungkin kita tidak mengenal apa itu internet, hampir setiap orang sudah mengenalnya dari anak-anak sampai orang dewasa sudah banyak yang mengenalnya. Namun, sangat sedikit dari mereka yang mengetahui secara rinci dan pasti bagaimana internet itu bisa digunakan dan bekerja.

Di dalam makalah ini kami akan mencoba untuk mengupas permasalahan tersebut secara rinci, walaupun masih ada kekurangan dan kelemahan. Khususnya bagi para siswa/i, kiranya makalah ini akan dapat menjadikan suatu rujukan atau referensi bagi peningkatan penguasaan teknologi dan informasi.

B. Rumusan Masalah

Dalam pembahasan makalah ini, maka  yang menjadi batasan masalah pada penulisan ini adalah :

1.      Apa itu Internet?

2.      Apa sajakah fasilitas Internet itu?

C. Tujuan Dan Manfaat

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikas), serta untuk mengetahui lebih lanjut tentang fasilitas- faslitas yang digunakan dalam internet.

Diharapkan manfaat dari pembahasan ini adalah dapat menambah pengetahuan kita tentang fasilitas – fasilitas internet, sehingga kita tidak hanya bisa menggunakan internet tanpa tahu apa internet itu sebenarnya dan tentunya bisa dijadikan bahan referensi pembelajaran.

 
BAB II
DASAR TEORI

A. Pengertian Internet

Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.

BLayanan Internet

Layanan yang menghubungkan komputer kita atau gadget lain seperti handset dan HP ke jaringan internet Global di mana hubungan tersebut memanfaatkan  kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, kita dapat berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah sekitar kita.ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Kita dapat bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.

Berbagai manfaat yang dapat kita dapatkan dari layanan internet antara lain :

1.      Memberikan informasi untuk kepentingan pribadi seperti kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani, sosial.

2.      Memberikan informasi untuk kehidupan profesional/pekerja: sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

3.      Selain itu, berbagai manfaatnya seperti : untuk bisnis, komunikasi, informasi, transaksi, hiburan, pendidikan, dan lainnya.

 

BAB III
PEMBAHASAN

A. Pengertian FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

FTP client adalah computer yang merequest ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename,men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :

1.      Untuk tujuan sharing data

2.      Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer

3.      Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user

4.      Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Keamanan FTP

FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu di enkripsi.

Manfaat dari FTP

1.      Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar

2.      Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah

3.      Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer

4.      FTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

5.       

B. Pengertian Gateway

Kata Gateway pada dasarnya merupakan frasa kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu kata gate yang artinya gerbang ataupun pagar pembatas dan kata way yang artinya merupakan sebuah jalan. Jika diartikan dari frasa katanya, maka kata gateway dapat diartikan sebagai gerbang pembuka jalan.

Jika dikaitkan dengan jaringan komputer, maka pengertian gatewayadalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun beberapa jaringan komputer lainnya yang menggunakan sistem protokol yang berbeda sehingga setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

Fungsi Gateway dalam Jaringan Komputer

Jika dikaji dari pengertiannya, maka fungsi gateway adalah sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya yang berbeda protokol, sedangkan jika dirinci secara lebih mendalam maka fungsi gateway adalah sebagai berikut :

Protocol Converting

Fungsi gateway yang pertama adalah sebagai protocol converting. Seperti yang telah dijelaskan diatas, gateway berguna sebagai penghubung beberapa jaringan komputer yang berasal dari protocol yang berbeda. Nah, untuk bisa menghubungkan dua jaringan komputer yang berbeda protocol, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang ada sehingga beberapa jaringan tersebut dapat saling dihubungkan.

1.      Mempermudah Akses Informasi

Fungsi gateway yang kedua adalah sebagai alat untuk mempermudah akses informasi pengguna jaringan komputer. Jaringan komputer yang dengan protocol yang berbeda pada dasarnya tidak dapat disambungkan satu sama lainnya. Ketika jaringan komputer tidak dapat dihubungkan satu sama lainnya, maka secara otomatis satu jaringan komputer tidak akan bisa mengakses informasi yang ada di jaringan komputer lainnya. Nah, ketika gateway digunakan dan jaringan komputer telah terhubung, maka secara otomatis akses informasi dapat berjalan dengan lebih mudah.

2.      Sebagai Protocol Converting

Seprerti yang telah dijelaskan di atas bahwa gateway dapat menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer lain dengan protocol yang berbeda. Untuk dapat menghubungkan dua jaringan dengan protocol yang berbeda inilah gateway harus memiliki kemampuan untuk melakukan konversi protocol sehingga dua protocol yang berbeda ini dapat saling dikaitkan atau dihubungkan. Sebuah Gateway jaringan merupakan sebuah sistem internet working yang mengkoneksikan dua jaringan dalam waktu yang sama dan dapat dikonfigurasikan dalam sebuah perangkat lunak atau software. Nah, jaringan gateway ini dapat beroperasi dalam setiap tingkat yang ada pada model lapisan dari OSI atau yang disebut juga dengan Open System Interconnection.

3.      Hardware Sharing

Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Contoh dari Penerapannya adalah penggunaan dimana 1buah Printer dapat digunakan secara bersama oleh Client dalam Jaringan.

4.      Keamanan dan pengaturan data

komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

5.      Ke-stabilan dan Peningkatan Performa Komputasi

Dalam kondisi tertentu sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, Dengan cara memberikan tugas komputasi “lebih” kepada suatu Perangkat yg di distribusikan ke Komputer yang lain.

C. Pengertian Host

Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer.

Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain. ISP (Internet Service Provider) : ISP (Internet service provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP.

D. Pengertian dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halamamn dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.

Dalam pengertian HTTP tersebut, menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan dan seperti apa respon dari browser. Sejarah protokol HTTP pertama kali digunakan dalam WWW sekitar tahun 1990. Nah yang dipakai pada masa itu ialah protokol HTTP versi 0.9 yang merupakan protokol transfer data secara mentah, maksud mentah disini yaitu data tersebut dikirimkan tanpa melihat tipe dari dokumen itu sendiri.

6 Tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1996, protokol HTTP mengalami perbaikan sehingga menjadi protokol HTTP versi 1.0. Dan pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi selanjjutnya yaitu 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

HTTP adalah protoko aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebua hserver webhosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.

Nah diantara keduanya yaitu user agent dan origin server bisa saja ada oenghubung, seperti misalnya geteway, tunnel dan proxy. Nah selanjutnya sumber yang ingin diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan skema URL http: atau https:.

Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Kalian pasti tahu kalau HTTP muncul diawal setiap alamat web. Ya semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi dari HTTP dimana dalam hal inibrowser menambah lapisan enkripsi.

Cara kerja protokol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap komputer untuk bisa mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang ada diformat dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bisa merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.

Kesimpulan dari Pengertian HTTP

HTTP adalah komunikasi protokol yang menjadi penghubung dan mentransfer informasi ke internet. HTTP juga merupakan protokol request-respone (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server. Klien adalah pengguna sedangkan server adalah pemberi tanggapan dan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hoperteks, selanjutnya membentuk WWW.

E. Login

Login adalah Proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari account pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan. untuk melakukan log masuk ke sistem biasanya membutuhkan account pengguna yang digunakan sebagai identitas berupa runtutan karakter yang secara unik merujuk ke pengguna tertentu, dan kata sandi yang merupakan runtutan karakter berupa kunci yang dijaga kerahasiaannya terhadap orang lain.

Otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).

F. Offline

Offline berasal dari dua kata yaitu off yang artinya mati dan line yang artinya saluran. Sehingga yang dimaksud Offline adalah keadaan komputer yang sedang tidak terhubung/ terkoneksi ke jaringan Internet. Apabila ofline maka komputer tidak dapat digunakan untuk browsing/ menjelajahi internet/ mencari infomrasi di Interntet.

G. Plugin

Kata plug-in berasal dari basa inggris yang artinya Colok-masuk. Pengertian Plug-in adalah suatu program komputer yang dipasang yang berguna untuk menambah fungsionalitas sebuah program utama. Biasanya Program utama memberikan semacam interface (antarmuka) supaya Plug-in dapat berinteraksi dengan program utama. Contohnya, Plug-in biasanya dipasang pada peramban untuk memutar video, menampilkan jenis berkas baru dan memindai virus.  Selain itu biasanya pada wordpress juga terdapt plug-in sebagai program tambahan untuk mempercantik tampilan, ada juga yang untuk SEO, dan lain-lain

Program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

Fungsi plugin wordpress ditujukan untuk berbagai alasan, antara lain adalah:

1.      Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress

2.      Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress.

3.      Mengurangi ukuran aplikasi wordpress

4.      Memisah kode sumber karena tidak kompatibel dengan software yang berlisensi

H. POP ( Post Office Protocol )

Post Office Protocol atau yang biasa disingkat POP adalah protocol yang digunakan untuk mengambil/ mengelola e-mail di Internet.

Dengan adanya POP, dapat mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa membutuhkan koneksi yang lama dari Internet.  POP – Version 3 (POP3) adalah  POP yang standar untuk Internet yang akan mengijinkan client untuk mengakses, meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP server secara dinamis.

Sebelum di-download oleh user menggunakan Client Email, tiap user akan disimpan sementara di Server POP3 di dalam mailboxnya masing – masing email seperti Outlook ataupun Eudora.  Ketika proses pengambilan tersebut client email terkoneksi ke mail server dengan menggunakan protokol POP3 yang berjalan pada TCP port 110.

Protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP.

G. Spam

Spam adalah pengirimkan pesan dalam jumlah banyak secara bertubi-tubi yang tanpa dikehendaki oleh penerimanya, pengiriman spam menggunakan perangkat elektronik. Tindakan spam disebut dengan spamming sedangkan orang yang melakukan spam disebut spammer.

Secara umum bentuk spam yang dikenal yaitu: spam e-mail/surat elektronik, spam Usenet newsgroup, spam pesan instan, spam blog, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam iklan baris daring, spam wiki, spam jejaring sosial, spam sms dll.

Spam biasanya berisi iklan, Dalam suatu forum kelompok warta spam berisi promosi barang yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan kelompok warta tersebut, Untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu di search engine disebut spamdexing.

Untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan pengiklan mengirimkan Spam dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak membutuhkan mailing list/senarai.

Spam merugikan, diantaranya yang dirugikan yaitu penyedia jasa internet ISP(Internet Service Provider) Karena hambatan masuk yang rendah, sehingga banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta akan semakin tinggi, Spam sering mengganggu masyarakatdan terkadang isinya menipu penerimanya.

Spam adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti email yang tidak penting berantai, iklan, dan sebagainya.

H. Voice-mail

Sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

Voice Mail Adalah media transmisi (pergerakan informasi melalui sebuah media telekomunikasi) data yang menggunakan kabel telephone sebagai alat transmisinya. Alat ini mengirimkan informasi berbentuk suara. Contoh, mailbox dalam telephone rumah. Apabila saat ditelphone tidak menjawab hingga beberapa saat. Maka mesin telephone akan memberikan pilihan kepada si penelephone agar meninggalkan pesan, atau menelephone lagi lain kali. Namun untuk telephone rumah di Indonesia, agar dapat memiliki fasilitas ini, kita harus mendaftar kepada PT.Telkom atau operator Indonesia lainnya terlebih dahulu.

Voice-mail (juga dikenal sebagai pesan suara atau bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pesan suara pribadi, untuk memilih dan memberikan informasi suara, dan untuk memproses transaksi yang berhubungan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, menggunakan telepon biasa. Istilah ini juga digunakan secara lebih luas untuk menunjukkan setiap sistem menyampaikan pesan suara telekomunikasi disimpan, termasuk menggunakan mesin penjawab . Kebanyakan ponsel menawarkan layanan voice-mail sebagai fitur dasar, dan banyak garis tanah telepon dan perusahaan PBXs termasuk voice-mail.

Pengoperasian Voice Mail

Pengoperasiannya dimulai ketika cellular mendeteksi sambungan masuk berupa suara dari cellular lain. Kemudian sinyal suara ini akan disampaikan ke CPU bahwa ada panggilan masuk. CPU pada waktu yang bersamaan menerima sinyal dari Voice Mail data link yang memberitahukan tentang ID penelpon bahwa penelpon dengan ID tertentu telah melakukan panggilan namun tidak terjawab. CPU langsung mengalihkan kepada saluran telepon untuk menjawab panggilan. Setelah itu penelpon tesambung dengan Voice Mail dan dapat melakukan perekaman pesan suara yang ditransmisikan oleh disk controller ke dalam disk pesan. Setelah penelpon meninggalkan pesan, CPU menyimpan pesan suara sesuai lokasi penyimpanan pesan ke dalam sistem disk sesuai mailbox direktori penerima. Bagi penerima pesan,ia dapat mengetahui jika ia memiliki pesan suara dari tanda di cellular berupa pemberitahuan,lalu cara penerima dapat mendengar pesan ialah dengan melakukan petunjuk tertentu untuk mendengar pesan yang diterima.

Elemen-Elemen dalam Voice Mail

Beberapa elemen – elemen yang terdapat dalam Voice Mail yaitu :

Central Processor Unit (CPU) : merupakan bagian yang melakukan proses sistem operasi dengan program software yang mendukung bagian dari Voice Mail termasuk bagian untuk merekam  yang digunakan pengguna sehingga dapat berinteraksi dengan Voice Mail itu sendiri.

Disk pengontrol dan disk drive berukuran kecil digunakan sebagai media untuk menyimpan pesan.

Disk sistem yang tidak hanya termasuk dalam bagian perangkat lunak tetapi sudah termasuk direktri yang lengkap untuk semua pengguna yang berhubungan dengan semua data.

Sistem saluran telepon untuk mengkoneksikan dengan teknologi Voice Mail

Jenis-Jenis Voice Mail

1.      Voice Mail Unconditional (VMU) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan setiap panggilan yang akan dialihkan pada sistem voice mail.

2.      Voice Mail Conditional (VMC) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan panggilan dialihkan pada  sistem voice mail jika cellular yang akan dihubungi dalam keadaan sibuk, tidak aktif ,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan yang tidak terjawab.

Keuntungan Voice Mail

Dengan menggunakan cellular feature Voice Mail, mempunyai beberapa keuntungan seperti diantaranya adalah :

1.      Dengan kita menggunakan cellular feature Voice Mail maka Voice Mail Box pada cellular kita bisa menampung pesan-pesan yang belum didengar ataupun sudah didengar dan disertai dengan  durasi yang maksimum. Biasanya pesan yang sudah pernah kita dengarkan hanya bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih sedikit dibandingkan bila  pesan tersebut belum pernah diperdengarkan. Semua pesan – pesan itu akan tertampung dalam Voice Mail Box dan jangka waktu  penyimpanan tergantung dari operator cellular yang kita pakai.

2.      Keuntungan yang lainnya yaitu apabila kita sedang menerima panggilan telepon kemudian ada telepon lain masuk sedangkan kita tidak dapat mengangkat dalam waktu bersamaan maka kita dapat menggunakan pengalihan panggilan sehingga pengguna selular lain yang menghubungi kita dapat meninggalkan pesan dan masuk ke dalam Voice Mail Box,

A. Kesimpulan

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu  menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Teknologi pendidikan berarti suatu cara yang sistematis dalam mendisain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan daribelajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yangspesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasipada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajardari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebihefektif.

Banyak sumbangan dari internet untuk pengembangan pendidikan,baik bagi lembaga pendidikan, pendidik, dan anak didik. Setelah mengetahui bahwa bahwa teknologi internet banyak memberikan manfaat bagi efisiensi pembelajaran dan pendidikan, marilah kita mengembangkan teknologi pendidikan dan memanfaatkan internet untuk hal-hal yang bermanfaat.

B. Saran

Setelah mengetahui bahwa bahwa teknologi internet banyak memberikan manfaat bagi efisiensi pembelajaran dan pendidikan, marilah kita mengembangkan teknologi pendidikan dan memanfaatkan internet untuk hal-hal yang bermanfaat. Selain itu, sebagai manusia yang baik kita harus selalu berpikir positif agar semua pengaruh negatif yang ada pada internet tidak dapat merusak kepribadian generasi muda, karena generasi mudalah yang akan mengembangkan teknologi pendidikan dimasa yang akan datang.

Gunakan dan manfaatkan layanan internet dengan baik dan benar, jangan selalu bergantung pada hal negative yang di berikan internet ,internet merupakan sumber informasi yang bias di bilang tidak ada batasnya. Jadi gunakan layanan tersebut pada jalan positif. Insya Allah akan sangat berguna. Selalu ingat waktu pada saat menggunakan internet, karena salah satu yang penting adalah istirahat anda, Terima kasih.



DAFTAR PUSTAKA

BLOGSPOT SIPRIANUS BERTIAN METE

WWW.TIANMETE.COM

WEETABULASTIMIKOM.CO.ID.COM

HTTPS//SIPRIANUSBERTIANMETE.COM

Share:

TUGAS MAKALAH TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN COMPUTER

TUGAS MAKALAH

TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN COMPUTER



DISUSUN

 OLEH:

 

NAMA  :SIPRIANUS BERTIAN METE

NIM      :181201387

KELAS :TIG-4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI MANAJAEMEN TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI KOMPUTER (STIMIKOM)

STELLA MARIS SUMBA

2020



KATA PENGANTAR

 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha kuasa telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini.

Tujuan yang akan di dapat dari mata kuliah ini adalah untuk memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun sistem dan juga manusialah yang harus diperhatikan karena nantinya ialah yang akan menggunakan sistem yang dibangun itu.Makalah ini berisi untuk memenuhi tugas yang membahas tentang Interaksi Manusia dan Komputer”.

            Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan hal-hal lain sehingga makalah ini dirasa belum sempurna. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan menyusun. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan dan meningkatkan kualitas makalah ini.

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Kata Pengantar

Daftar Isi


BAB I    PENDAHULUAN

              1.1 Latar Belakang Masalah

              1.2 Perumusan Masalah

              1.3 Tujuan dan Manfaat

                     1.3.1 Tujuan

                     1.3.2 Manfaat

             

BAB II   LANDASAN TEORI

              2.1 Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

              2.2 Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

              2.3 Hubungan Timbal Balik Manusia dan Komputer

              2.4 Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer

              2.5 Prinsip Usability

              2.6 Dialog Manusia dan Komputer

 

BAB III  KESIMPULAN DAN SARAN

              3.1 Kesimpulan

              3.2 Saran

 DAFTAR PUSTAKA

 


 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

1.1         Latar Belakang Masalah

 

Pada zaman ini komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang  yang manusia kerjakan saat ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara manusia dan komputer bisa terjalin dengan baik, menusia dapat memafaatkan komputer dengan bijaksana dan komputer dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya. Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat ke berbagai penjuru kehidupan seperti: pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem  rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai  kecocokkan dengan  kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi  kepada pemakai. Pada awal tahun 70- an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi  Manusia-Mesin.

Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan (input), yang berupa nouse ataupun keyboard. dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut harddisk atau flashdisk.

IMK (Interaksi Manusia Komputer) adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Interaksi manusia komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna.

 

 

1.2         Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada, antara lain :

1         Pengertian interaksi manusia dan komputer

2         Fungsi interaksi manusia dan komputer

3         Hubungan timbal balik antara komputer dan user

4         Prinsip usability

5         Dialog manusia-komputer

 

 

1.3         Tujuan dan Manfaat

1.3.1          Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca antara lain tentang :

1.    Memahami hubungan interaksi manusia dan komputer

2.    Dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer

3.    Dapat memahami interaksi antara manusia dan komputer dengan baik

 

 

 

1.3.2          Manfaat

                          Adapun manfaat penulisan makalah tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

1.    Mengetahui hal-hal yang mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer

2.   Mengetahui dan memahami prinsip usability dalam interaksi manusia dan komputer

3.   Mengetahui dan memahami fungsi interaksi manusia dan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

 

 

2.1         Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

 

Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentangbagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputeryang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksiadalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksimenjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan danrespon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, makainteraksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

IMK adalah bagian disiplin ilmu komputer. Ilmu komputer meliputi teori,metode dan latihan pemrosesan. Pusat perhatiannya pada pembentukan danpemrograman komputer, dan mempertimbangkan bahasa untuk menulis program,mesin dimana program dapat dijalankan, sifat-sifat terstruktur dari program,arsitektur dari perancangan program dan masih banyak lainnya. IMK melibatkansemua pokok dalam ilmu komputer. IMK menimbulkan perhatian khusus untuk ilmu komputer seperti misalnya interface pemakai harus diprogram untk mengantisipasi macam-macam masukan yang berbeda dan menghasilkan keluaranyang canggih sehingga perlu ada perancangan bahasa dimana pemakai dapatmengkontrol dan menggunakan sisa program. Banyak hal yang muncul dalammasalah IMK seperti kebutuhan waktu respon yang cepat, bentuk lanjutan dalamtampilan grafik, penggunaan logika dan matematika untuk mengelompokkaninteraksi pemakai yang rumit, dan pembentukan lingkungan pemrograman yangbaru agar interface pemakai dapat dibentuk lebih mudah.

Perancangan interface pemakai harus merupakan bagian dari perancangansistem, yang pada akhir proses harus dapat dimengerti dan kemungkinan untuk diubah sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam. Ini melibatkan teknik pembentukan dan metode dari teknik software yang dapat mengakomodasikandan membuktikan perancangan interface pemakai. Perancangan lebih tentangpengidentifikasian permintaan dan memastikan bahwa kebutuhan permintaan tersebut terpenuhi. Konsekuensinya IMK harus mengidentifikasikan kebutuhankhusus dan ekstra untuk sistem yang inteaktif dan harus memastikan ada carayang sesuai dan masuk akal dalam mengetahui bahwa kebutuhan perancangan sesuai dengan permintaan.

Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.Pada HCI ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokuspada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yangberhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudianberkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmuinterdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputerbeserta efek-efek yang terjadi diantaranya.

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanyapada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanyasaja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistemrancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangansistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalampemakaian, mudah untuk dipelajari.

.

 

2.2         Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

 

Tujuan dari Interaksi Manusia dan Komputer adalah untuk menghasilkansistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapatberfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability),efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksudkonteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi jugamencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasimasyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepadafungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas danefesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yangdibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individuataupun kelompok.

Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertamakali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebihdahulu dengan seperangkat alat seperti keyboard, monitor, mouse, dan lain-lain.

Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilanmenu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harusdiketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan,perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface(antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatapmuka dengan pemakai.

 

 

2.3         Hubungan Timbal Balik Antara Manusia Dengan Komputer

 

Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :

 

1.    Pengguna (manusia)

Manusia menerima dan memproses perintah kedalam komputer. Pengguna secara individu atau sekelompok dimana masing-masing berhubungan dengan bagian dari suatu pekerjaan atau proses.

 

2.    Sistem (mesin)

Komputer : teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan output yang telah diproses.

 

3.    Interaksi

Pengaruh akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang dari dua sudut, yaitu sudut Kemanusiaan dan Sudut sosial.

 

 

2.4         Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer

 

Sejarah interaksi manusia dan komputer dimulai pada tahun 1700-an dan 1800-an. Akan tetapi barumenjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut perkembangan sejarah interaksi manusia dan komputer:

 

1.      Tahun 1950-an

Di tahun ini antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex.switch panel). Ditahun ini,mesin sangat sulit digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat mahal dan besar.

 

2.      Tahun 1960-1970-an

Di tahun ini antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL,FORTRAN) dengan perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan,dll) dan mempengaruhi perancangan sistem.

 

3.      Tahun 1970-1990-an

Ditahun ini mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pada level intruksi para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberikan kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.

 

4.      Tahun 1980-an

Ditahun ini diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI,Multimedia)

 

5.      Tahun 1990-an

Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network,Groupware)

 

6.      Tahun 2000-an

Antarmuka berkembang dengan luas (ex.mobile device,interactive screen).

 

 

2.5         Prinsip Usability

 

Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web.Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan.

 

 

 

2.6         Dialog Manusia Komputer

 

Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

Dalam konteks perancangan antarmuka pengguna Dialog adalah struktur dari percakapan antara pengguna dengan sistem komputer. Ragam dialog dalam interaksi manusia dan komputer adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan selama ini. Tiga tingkatan bahasa komputer dalam suatu dialog :

 

1.   Tingkat paling rendah icon pada layar bahasa manusia ekivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata

2.    Urutan dan struktur dari input dan output bahasa manusia ekivalen dengan grammar suatu kalimat

3.     Percakapan yang berkaitan degan pengaruh pada struktur data internal komputer dan dunia eksternal bahasa manusia ekivalen dengan arti yang berasal dari lapisan dalam suatu percakapan


 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

 

 

3.1         Kesimpulan

 

Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

 

 

3.2         Saran

 

Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.

Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi

 

DAFTAR PUSTAKA

SIPRIANUS B. METE 2020 sistem belajar dan mendukung belajar mulai dari praktek sampai teori

Menggunakan teknologi canggih speaking English Computers Modern

Tampa copy dan mengambil dari segala jurnal atau majalah

Blogspot: http://siprianusbertianmete.blogspot.com

Facebook TianMete and youtube TianMete

Stimikom stellamaris sumba
Share:

Yudisium Kampus Stimikom Stella Maris Sumba

Yudsium Program Studi Teknik Informatika Dan Manajemen Informatika

Stimikom Stella Maris Sumba

Angkatan 03 Tahun Ajaran 2021/2022



Stimikom Stella Maris Sumba  merupakan kampus yang berada di pulau Sumba kabupaten Sumba Barat Daya Kecamatan Kota Tambolaka Propinsi Nusa Tenggara Timur Yang terletak di jalan pastoran No 5 Tambolaka dan kampus B berlokasi di jalan eltari no 1 RT 001/12 maliti kota waikabubak kabupaten Sumba barat 

STIMIKOM Stella Maris Sumba 
merupakan suatu lembaga pendidikan berdiri pada tanggal 29-01-2008. Pada awal berdirinya kampus ini masih menggunakan nama AMIKOM, namun seiring dengan perkembangan dan niat dan tekat  yang kuat oeh Yayasan Pendidikan Penyelenggara pendidikan Kampus Stimikom Stella Maris Sumba maka AMIKOM Sumba dirubah namanya menjadi STIMIKOM Stella Maris Sumba. Pendirian Kampus STIMIKOM Stella Maris Sumba merupakan realisasi dari visi dan misi Yayasan Pendidikan St. Yosef Freinademetz yakni meningatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Kehadiran STIMIKOM Stella Maris Sumba juga merupakan penjabaran dari pada UUD'45 dan Undang-Undang Pendidikan Nasional melalui pemberian peranan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dibidang pendidikan.

Rekomendasi Bupati Sumba Barat Daya - Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor : KESOS.009/05/III - tentang pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIMIKOM) Stella Maris Sumba.

Rekomendasi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Wilayah VIII Nnusa Tenggara Timur Nomor : 04 APTISI WILL NTT.REK/2008 tentang APTISI mendukung pendirian STIMIKOM Stella Maris Sumba.


Visi dan Misi STIMIKOM Stella Maris Sumba

Visi

“Menjadikan STIMIKOM Stella Maris Sumba Sebagai Pendidikan Tinggi Teknologi Informasi yang terdepan, Unggul dan Terpercaya.

Misi  
Di Bidang Pendidikan
: Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang berkualitas, unggul, Kreatif, inovatif, dan kompetitif
Di Bidang Penelitian 
: Menyelenggarakan Penelitian bermutu dan relafan dengan pembangunan bdang teknologi informasi
Dibidang Pengabdian kepada Masyarakat 
: Menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat berbasis dan IPTEK untuk kemajuan Teknologi Informasi
Dibidang Kemahasiswaan 
: Menyelenggarakan sistem pembinaan kemahasiswaan  diidang penalaran, bakat dan minat serta kesejahteraan mahasiswa
Dibidang Manajemen 
: Menyelenggarakan sistem manajemen yang dinasmis, profesional, efektif, efisien dan akuntabel
Dalam Bidang Kerja Sama 
: Mengembangkan kemitraan dengan stakeholder bagi pengembangan institusi dan penyerapan lulusan.

Video selengkapnya...!


Share:

Posts Per Page

20
Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

About Me

Featured Post

Rumah Adat wainyapu terbakar

Rumah Adat Wainyapu Terbakar Musibah terjadi lagi di kodi balagar kecamatan kodi balagar desa wainyapu Rumah Adat Wainyapu terbakar tengah p...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Archive

Social

Gadgets

Technology

Business

About Us

Photography

Sports

Text Widget